Masalah & Isu Strategis Desa

31 Januari 2017 12:19:46 WIB

Kondisi yang dihadapi Desa Gondoruso di era desentralisasi dan otonomi daerah ke depan sangat kompleks, sehingga membutuhkan penanganan yang cukup serius dan bersungguh-sungguh. Sejalan dengan Pembangunan yang akan dijalankan dan ingin diwujudkan serta mendasari pada misi yang akan ditempuh guna mewujudkan visi pembangunan yang dimaksud. maka dapat diidentifikasi adanya 4 (empat) isu-isu strategis yang menjadi permasalahan pokok yang dihadapi desa saat ini :

  1. Belum Optimalnya Kualitas Sumberdaya aparatur Pemerintah Desa.

Dilihat dari sumberdaya aparatur yang di miliki oleh Pemerintah Desa Gondoruso bisa dikatakan masih belum sesuai dengan harapan. Hal ini secara langsung akan berimbas pada kualitas pelayanan pada masyarakat. Sehingga akan sulit untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, cerdas dan professional.

  1. Masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

Dengan rendahnya pendidikan maka hasil dari pembangunan akan mengalami hambatan, karena rendahnya penyerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan yang dihadapi sekarang ini antara lain, kurangnya pemerataan, rendahnya kualitas pelayanan pendidikan dan kurangnya keterlibatan masyarakat untuk ikut serta dalam pengelolaan pendidikan. Rendahnya tingkat pendidikan juga dipengaruhi olehh rendahnya tingkat ekonomi, karena tidak mampu membiayai sekolah anaknya.

 

  1. Masih rendahnya derajat kesehatan.

Rendahnya derajat kesehatan kesehatan masyarakat juga merupakan efekk dari rendahnya tingkat ekonomi masyarakat, dimana biaya obat dan pelayanan kesehatan semakin meningkat sementara kemampuan masyarakat merosot. Disamping itu pelayanan posyandu uga perlu ditingkatkan baik sarana prasarana dan pemberdayaan kader posyandu itu sendiri. Karena posyandu merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan balita sebagai penerus bangsa. Sehubungan dengan mahalnya harga obat-obatan maka perlu adanya upaya kegiatan pelatihan dan sosialisasi manfaat dan penggunaan obat-obatan tradisional serta diharapkan sampai dengan pengembangan produk obat-obatan tradisional.

 

  1. Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat dan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Ditinjau dari aspek ekonomi berbagai permasalahan yang dihadapi pembangunan selama ini adalah lemahnya kemampuan masyarakat untuk membangun organisasi atau lembaga ekonomi rakyat. Dari aspek social terdapat keterbatasan data dan informasi serta ego sektoral dimana saling tumpah tindih antara lembaga yang ada. Dimana setiap ada program harus membuat lembaga baru. Masalah pembangunan yang sangat genting saat ini adalah masalah kemiskinan yang ditandai dengan banyaknya pengangguran, keterbelakangan dan keterpurukan.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gondoruso

tampilkan dalam peta lebih besar