PANTAI MUARA ALAM DI DUSUN KALIWELANG

Shofyatun Magfiroh 29 November 2017 16:58:18 WIB

Pantai Muara Alam atau Pantai Telpuk terletak di Dusun Kaliwelang, Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Pantai Muara Alam adalah wisata pantai dan rawa yang merupakan potensi tersembunyi di Desa Gondoruso. Pantai ini terletak di ujung selatan Desa Gondoruso berbatasan dengan pantai Dampar (Desa Bades) dan Watu Godek (Kec. Tempursari). Di pantai ini juga terdapat area pemancingan dan disediakan ranggon atau pondok di atas rawa yang sangat cocok untuk digunakan bersantai bersama keluarga. Rawa-rawa sekitar Pantai Muara Alam adalah penghasil terbesar kremis (sumpil/siput laut) dan berbagai jenis ikan.

Pantai Muara Alam mulai diperkenalkan oleh Pemerintah Desa Gondoruso pada tahun 2014. Sebelumnya daerah ini adalah daerah pertambangan pasir besi yang dilakukan oleh pengusaha asal Korea. Pada Tahun 2017, Pemerintah Desa Gondoruso bersama warga gencar melakukan perbaikan dan pengembangan tempat wisata ini. Salah satu perbaikan dan pengembangan tersebut yaitu pembangunan jembatan bambu. Jembatan digunakan untuk melintai rawa menuju pantai dan ranggon-ranggon. Dimasa akan datang akan dikembangkan menjadi homestay. Potensi lain di sekitar rawa dapat juga dibangun tempat pembakaran ikan yang akan mendukung perekonomian nelayan dan juga pedagang sekitar tempat wisata.

Dalam mengelola tempat wisata ini terdapat banyak kendala, salah satunya adalah air rawa yang meluap jika sedang hujan lebat. Akibatnya, warung-warung warga yang ada di sekitar rawa tenggelam dan rusak yang akhirnya tutup permanen. Selain itu, Pemerintah desa juga kesulitan dalam pengembangan potensi wisata ini. Di karenakan banyak sekali sarana dan prasarana yang harus dibenahi dan membutuhkan biaya yang sangat besar. Sedangkan, kemampuan pendanaan yang ada di desa terbatas.

Pantai Muara Alam dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalur yang dilewati adalah jalur alternatif Kecamatan Pasirian – Kecamatan Tempursari . Selama perjalanan Wisatawan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang asri dan kicauan burung yang merdu. Wisatawan akan menemukan monyet yang berkeliaran di jalanan. Perjalanan ke Pantai Muara Alam hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih 30 menit dari pusat Kota Lumajang.

 

 

Komentar atas PANTAI MUARA ALAM DI DUSUN KALIWELANG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gondoruso

tampilkan dalam peta lebih besar